Kamis, 02 Agustus 2012



Program Kerja Yang Sudah Dilaksanakan

Program kerja yang sudah dilaksanakan oleh tpkr selama periode-periode sebelunya diantarnya:


Diklat Pendidikan dan Pelatihan Anggota Baru Tim Penyuluhan Kesehatan Remaja (tpkr)
Diklat ini dilaksanakan pada 24 January 2009 bertempat di daerah kaliurang. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang fungsi dan tugas sebagai anggota Tim Penyuluhan Kesehatan Remaja pada masyarakat, melatih mahasiswa kedokteran untuk terjun dalam pengabdian masyarakat secara langsung melalui edukasi dan penerangan serta membekali pengetahuan dan cara memberikan penyuluhan yang baik dan benar. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah dengan mengadakan acara pembekalan dan pelatihan bagi para anggota baru Tim Penyuluhan Kesehatan Remaja. Sasaran kegiatan ini adalah pada semua anggota baru Tim Penyuluhan Kesehatan Remaja (tpkr). 


Penyuluhan dan Buka Bersama di Pantia Asuhan Putri ‘Aisyiyah Yogyakarta
Kegiatan ini dilaksanakan pada 8 September 2009 bertempat di Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Jl. KH.A. Dahlan, Yogyakarta. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang makna kesehatan berpuasa, melatih mahasiswa kedokteran untuk terjun dalam pengabdian masyarakat secara langsung melalui edukasi dan penerangan serta saling berbagi dan beribadah di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengadakan acara penyuluhan dari Tim Penyuluh Kesehatan Remaja (tpkr),dilanjutkan buka bersama anak-anak panti asuhan beserta pengurusnya. Kegiatan penyuluhan dilakukan dengan mengambil tema makna kesehatan berpuasa.


Peringatan Hari AIDS Sedunia Bersama RACO “MMSA”
Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 Desember 2008.  Kegiatan ini diperingati dengan pemasangan poster dan pemasangan leaflet yang bekerja sama dengan RACO-MMSA di lingkup Fakultas Kedokteran UMY.


 Sekolah Binaan
Kegiatan ini dilaksanakan pada periode 2008-2009 bertempat di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dengan tema yang berbeda-beda namun masih dalam lingkup permasalahan remaja baik kesehatan dan psikologis serta pengembangan diri.  Kegiatan ini dilakukan dalam forum yang selanjutnya diadakan program follow up berupa penyuluhan perkelas.


Peringatan Hari AIDS Sedunia Bersama Masyarakat
Kegiatan ini di laksanakan pada 13 Desember 2009 bertempat di daerah Karang Waru Lor sekitaran  Jl. Magelang. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang AIDS, memberikan pemahaman tentang permasalahan AIDS yang sebenarnya serta menumbuhkan kepedulian masyarakat akan permasalahan AIDS.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk presentasi umum mengenai AIDS dan sharing bersama ODHA.


Halal Bil Halal dan Outbond TPKR
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 2011, di Boro Asri Menoreh, Kulon Progo. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin tali silaturahmi antar sesama anggota tpkr, meningkatkan solidaritas antar sesama anggota tpkr dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia intern tpkr.


 Peringatan Hari Tanpa Tembakau 2011
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2012. Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan generasi yang bebas dari rokok. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan tentang bahaya merokok,  pemusnahan rokok (secara simbolis). Kegiatan ini  dilakukan secara persuasif terhadap perokok aktif secara langsung, yang bertempat di sekitar alun-alun selatan Jogja. Dimana nanti kita meminta sebatang rokok mereka dan menukarnya dengan parcel mini berisi peringatan bahaya merokok. Rokok yang terkumpul nantinya akan dibakar dengan bensin bersama-sama di tempat tersebut.


Penyuluhan tpkr “Mengerti Lebih Dini untuk Akhir Yang Lebih Baik”
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2011 bertempat di Aula MTS. Gondowulung. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi.


Seminar Memperingati Hari Hiv-Aids Sedunia “Listen To Your Hearts”
Kegiatan ini di laksanakan pada kamis, 5 januari 2012 bertempat di Mini theater KG 2 FKIK UMY. Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan edukasi kepada remaja tentang pentingnya kesehatan reproduksi dan bahayanya penyakit menular seksual.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk presentasi umum mengenai AIDS dan sharing bersama ODHA. Peserta kegiatan ini terdiri dari siswa SMA di Yogyakarta yang telah di undang oleh tpkr ke UMY beserta para anggota tpkr.

Penyuluhan Untuk Memperingati Hari Anti narkoba “Dare Healthy Without Drugs”
Kegiatan ini di laksanakan pada kamis, 21 juni 2012 bertempat di SMP NEGERI 1 KASIHAN. Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan edukasi kepada remaja (siswa SMP N 1 Kasihan) tentang bahaya rokok, alkohol, narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk Penyuluhan dan Diskusi yang meliputi Pemahaman isi materi, Tanya jawab seputar materi yang telah disampaikan dan Pembagian kelompok-kelompok kecil ( sharing dan diskusi pengalaman pribadi seputar rokok, alkohol,  narkotika, psikotropika dan zat adiktif lain).



Program Kerja Selanjutnya :
Untuk program kerja selanjutnya tpkr tidak lepas dari visi tpkr itu sendiri yaitu Menjadi tim yang berkompeten dalam penyuluhan kesehatan seputar kenakalan remaja seperti mengadakan internal training untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota , memberikan bimbingan, konsultasi dan penyuluhan kesehatan remaja yang meliputi miras, rokok, kesehatan reproduksi, dan napza. Oleh karena itu program kerja tpkr masih sebatas visi dan misi itu sendiri sehingga untuk program kerja selanjutnya tpkr masih mengadopsi dari program kerja periode sebelumnya tapi mungkin dilakuakn dengan cara yang berbeda.


 -end-
                                                
          



0 komentar:

Posting Komentar