Rabu, 05 September 2012


Apa sih tpkr itu?
tpkr kepanjangan dari Tim Penyuluh Kesehatan Remajatpkr merupakan organisasi yang bergerak dibidang penyuluhan. Jadi dalam program kerjanya tpkr banyak melakukan kegiatan menyuluh diberbagai tempat, tapi yang paling sering adalah disekolah-sekolah terutama anak-anak SMP dan SMA yang sasarannya memang tepat yaitu remaja. Selain menyuluh tpkr juga selalu mengadakan seminar untuk anggota tpkr sendiri  untuk kaderisasi (meningkatkan kualitas anggota) dan para siswa SMP maupun SMA untuk menambah wawasan dan pengetahuan mereka supaya mereka tahu tentang bagaimana keadaan seorang remaja agar mereka tidak terjerumus pada kenakalan remaja yang merugikan baik dirinya maupun masyarakat sekitar.

Dalam program kerjanya, tpkr jarang terlihat dikampus karena program kerja tpkr kebanyakan ke luar kampus mendatangi sekolah-sekolah atau masyarakat umum untuk melakukan penyuluhan. Namun untuk acara seminar dan pelatihan biasanya TPKR melakukan program kerjanya dikampus tercinta Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 



Divisi tpkr

Divisi Miras dan Rokok (Miko) 
Ialah divisi yang bergerak di bidang penyuluhan yang tugas utamanya mengadakan penyuluhan tentang Minuman Keras dan Rokok. 
Kegiatan Utama  Divisi ini adalah mengadakan kegiatan penyuluahan ke berbagai tempat, tapi Divisi ini bisa juga mengadakan kegiatan seminar dan pelatihan tetapi yang bertemakan Miras dan Rokok. 
Materi penyuluhan Divisi Miko yang biasanya disampaikan mengenai Pengaruh Rokok Terhadap KesehatanRemaja & Rokok Dampak & Akibat Merokok dan lain sebagainya.

Divisi Napza
Ialah divisi yang bergerak di bidang penyuluhan yang tugas utamanya mngadakan penyuluhan tentang  Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif /Terlarang. 
Kegiatan Utama  Divisi ini adalah mengadakan kegiatan penyuluahan ke berbagai tempat, tapi Divisi ini bisa juga mengadakan kegiatan seminar dan pelatihan tetapi yang bertemakan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. 
Materi penyuluhan Divisi Napza yang biasanya disampaikan mengenai Napza dan Penyalahgunaan Obat, Dampak & Akibat Mengkonsumsi Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif, Remaja & Narkoba dan lain sebagainya.

Divisi  Kesehatan Reproduksi (Kespro)
Ialah divisi yang bergerak di bidang penyuluhan yang tugas utamanya mngadakan penyuluhan tentang  Kesehatan Reproduksi. 
Kegiatan Utama  Divisi ini adalah mengadakan kegiatan penyuluahan ke berbagai tempat, tapi Divisi ini bisa juga mengadakan kegiatan seminar dan pelatihan tetapi yang bertemakan Kesehatan Reproduksi.
Materi penyuluhan Divisi Kespro yang biasanya disampaikan mengenai Tumbuh Kembang Remaja, Resiko Reproduksi Remaja, Perkembangan seksualitas remaja, Perilaku Menyimpang Seksual , Penyakit Menular Seksual (PMS), HIVAIDS+ODHA dan lain sebagainya.

Divisi Inkomtivitas 
Ialah divisi Informasi, Komunikasi dan Kreativitas yang bergerak di bidang pengembangan tpkr yang tugas utamanya memberikan informasi dan menjalin komunikasi serta mengembangkan  kreatifitas anggota. 
Kegiatan Utama  Divisi ini adalah memberikan informasi kepada anggota dan orang lain mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan ruang lingkup tpkr serta memberikan informasi melalui media elektronik mengenai perkembangan IPTEK agar mampu mengembangkan kreativitas anggota. Selain itu, Divisi ini bisa juga mengadakan kegiatan seminar dan pelatihan tetapi yang bertemakan Informasi , Komunikasi dan Kreativitas. 
Materi pelatihannya biasanya mengenai Pelatihan Design Poster, Belajar Corel Draw/Adobe Photoshop ,Belajar Membuat Blog dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar